PEMBINAAN DAN PENGARAHAN PIMPINAN MA KEPADA KETUA DAN PANSEK PENGADILAN TINGKAT BANDING SE-INDONESIA

JAKARTA-HUMAS, Usai dilantik menjadi Ketua Kamar Pengawasan Mahkamah Agung pada Kamis, 28 Mei 2015, Syarifuddin langsung mengadakan pembinaan dan pengarahan kepada para Ketua dan Panitera Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding pada empat lingkungan peradilan se-Indonesia Acara yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Sekretariat MA ini Syarifuddin tak sendiri,bersama Ketua MA, Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, dan para Ketua Kamar lainnya Syarifuddin menekankan pentingnya pengawasan terhadap kinerja para hakim.

Syarifuddin yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan mengakui bahwa pengawasan terhadap hakim bukanlah hal baru baginya. “Sebagai kawal depan dari MA, Pengadilan Tingkat Banding harus rutin melakukan pengawasan terhadap pengadilan di bawahnya. Termasuk mengenai proses jalannya perkara di pengadilan. Saya masih dapati para hakim yang lambat dalam menyelesaikan perkara. Bahkan sampai hampir satu tahun perkara itu belum disidangkan juga”.

Selain melantik Syarifuddin sebagai Ketua Kamar Pengawasan, Ketua MA juga melantik Timur Manurung menjadi Ketua Kamar Militer. Timur menggantikan Ketua Kamar Militer sebelumnya, Imron Anawari yang purnabakti tahun 2014 lalu. Tantangan awal yang dihadapi Timur adalah terbatasnya sumber daya hakim militer. Hal ini diungkapkan Ketua Kadimilti I Medan pada sesi tanya jawab. “Kami di Kamdimilti I Medan pak, hanya memiliki 3 hakim. Jadi saya selalu berdoa agar hakim ini tidak ada yang sakit supaya sidang tidak tertunda”.

Dalam pertemuan ini dibahas pula mengenai masalah anggaran, perekrutan hakim, sarana dan prasarana di pengadilan, sampai review dari Ketua MA mengenai keadaan perkara pada masing-masing pengadilan tingkat banding. Ketua MA berharap, dengan lengkapnya formasi di jajaran pimpinan MA akan lebih memaksimalkan kinerja MA demi membangun lembaga peradilan yang agung di Indonesia.

Sumber : www.mahkamahagung.go.id

Berita ini dibuat oleh Bagian Perkara pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya.

WILAYAH HUKUM PT TUN SURABAYA