SEKRETARIS MAHKAMAH AGUNG MELAKUKAN SIDAK KE PENGADILAN NEGERI BALIKPAPAN

Balikpapan – Humas : Menjelang dilaksanakannya Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial oleh Pimpinan Mahkamah Agung Republik Indonesia di Balikpapan, Sekretaris Mahkamah Agung, A.S. Pudjoharsoyo melakukan sidak ke PN Balikpapan. Sidak tersebut selain dimaksudkan untuk melihat secara langsung fasilitas dan kinerja pelayanan publik di pengadilan tersebut, juga dimaksudkan untuk bertukar informasi dengan aparaturnya.

Sesampai di PN Balikpapan, Sekretaris Mahkamah Agung memeriksa sejumlah ruangan, mulai dari bagian depan seperti loket pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) serta loket informasi dan  pengaduan hingga sejumlah ruangan, seperti ruangan sidang utama, ruangan sidang anak, ruang tahanan, ruangan panitera pengganti, dan ruangan panitera muda. Meubeler dan penataan ruangan juga menjadi perhatiannya.

Sistem keamanan kantor dan pengamanan hakim juga turut dicermati oleh Sekretaris Mahkamah Agung. “Apakah kantor ini sudah membatasi akses masyarakat terhadap ruangan-ruangan kerja karyawan?” Tanya Pudjoharsoyo kepada pejabat pengadilan yang memberinya penjelasan. Ia pun mencoba pintu khusus yang hanya dipergunakan oleh hakim dari dan ke ruangan sidang.

Dari bagian dalam ruangan kantor pengadilan yang berada dipinggir pantai tersebut, Pudjoharsoyo juga menyisir bagian belakang gedung, seperti lahan parkir dan musholla. Bahkan, sejumlah kendaraan dinas yang terparkir di belakang gedung pun turut menjadi perhatiannya.

“Mobil ini sudah layak untuk dihapuskan dari inventaris, karena sudah sangat tua dan sudah tidak dipergunakan lagi” Ujarnya sembari membuka penutup yang menyelimuti kendaraan tersebut.

Turut serta dalam sidak tersebut antara lain Panitera Mahkamah Agung, Made Rawa Aryawan, S.H., M.Hum., Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Sekretaris Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum, Kepala Badan Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan, Kepala Biro Hukum dan Humas, dan Ketua Pengadilan Tinggi Samarinda serta beberapa pejabat lainnya. (Humas/Mohammad Noor)

 

Sumber : https://www.mahkamahagung.go.id

Berita ini dibuat oleh Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya.

Profil Pimpinan / Pejabat

WILAYAH HUKUM PT TUN SURABAYA