MENTERI ASMAN : CONTEK CARA KERJA PEGAWAI KORPORASI

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan bahwa cara kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penyelenggara negara, harus seperti korporasi. Saat ini para pegawai korporasi memiliki dua hal yang selama ini tengah ditanamkan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat, yakni sikap hospitality atau melayani dan jiwa entrepreneurship.

Menurutnya selama ini para pegawai di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) umumnya telah memiliki dua hal tersebut. Oleh karena itu sebagai pembuat kebijakan terkait ASN, Kementerian PANRB menggandeng BUMN untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para ASN. Menteri Asman menilai, kerjasama yang dilakukan dengan BUMN dapat memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat, mengingat pelayanan yang diberikan korporasi saat ini telah membuat masyarakat puas.

“Tidak apa-apa contek BUMN, agar pelayanan yang diberikan ASN tidak kalah dengan para pegawai korporasi, Kalau cara kerja ASN tidak kalah dengan pegawai BUMN, saya yakin negeri lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya dalam acara penandatanganan MoU Kementerian PANRB dengan Kementerian BUMN, di kantor Kementerian BUMN, Senin (16/04).

Sementara itu Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan jika pihaknya sebagai agent of development, telah menunjukan kualitasnya sebagai perusahaan berkelas dunia. Pengalaman dan kompetensi BUMN perlu ditularkan pada birokrasi, guna mempercepat terwujudnya pemerintahan berkelas dunia.

Menteri Rini Soemarno menyambut langkah Menteri PANRB yang berkeinginan lahirnya ASN yang memiliki pemikiran melayani serta sikap enterpreunership. Dengan demikian apa yang diberikan pada masyarakat pun dapat optimal serta menimbulkan kepercayaan publik. Dirinya pun memberi kesempatan Kementerian PANRB untuk mengambil hal-hal baik dan bermanfaat yang ada dalam korporasi dibawah pimpinan BUMN.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman, Kementerian BUMN akan mengkordinasikan dan mendorong agar BUMN terlibat dan berpartisipasi aktif dalam upaya akselerasi reformasi birokrasi dan peningkatan kinerja birokrasi pemerintahan. Diharapkan dengan segala upaya yang saat ini tengah dilakukan dapat membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi bangsa dan negara.(byu/HUMAS MENPANRB)

 

Sumber : https://menpan.go.id

Berita ini dibuat oleh Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya.

Profil Pimpinan / Pejabat

WILAYAH HUKUM PT TUN SURABAYA