Terlalu Lama ? Tutup Langsung
Website Resmi Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya

BIMBINGAN TEKNIS SIPP (SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA) DI LINGKUNGAN PERADILAN MILITER T.A 2018

Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Aplilasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) Versi 3.2.0 Bagi Para Admin IT dan Panitera di Lingkungan Peradilan Militer” pada tanggal 21 sd 23 Maret 2018. Bintek yang diadakan di Hotel Ibis Gading Serpong  ini diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari para Admin IT dan Panitera di Lingkungan Peradilan Militer se-Indonesia.

Bintek ini dibuka oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan TUN Mahkamah Agung RI, Bapak Dr. Mulyono, S.H., S.IP., M.H.  Dalam Pembukaan tersebut, Bapak Dirjen menyampaikan bahwa Pembinaan teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) atau yang sering disebut CTS (Case Tracking System)merupakan salah satu upaya Mahkamah Agung untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional di lingkungan peradilan. Maksud dan tujuan dari bimtek  ini adalah untuk memberi pengetahuan kepada para peserta tentang perkembangan teknologi informasi di lingkungan peradilan khususnya mengenai Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) sehingga masyarakat pencari keadilan dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat begitu juga dengan seluruh aparatur pengadilan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Pengadilan Militer dewasa ini sudah dapat mengikuti perkembangan sistem yang baru dibangun oleh Mahkamah Agung RI. Hal tersebut patut kita syukuri tentunya dengan tidak berbangga hati dan terus berusaha untuk menjadi pengadilan yang bermutu dan berintegritas. Pengadilan Militer harus terus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi baik dalam hal administrasi maupun dalam teknis peradilan. Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa Mahkamah Agung RI sedang giat-giatnya memberlakukan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) baik pada Mahkamah Agung sendiri maupun empat lingkungan peradilan di bawahnya hal tersebut tidak lain  agar tujuan one day publis dan one day minut dapat terlaksana di tahun 2018 serta dapat menjadi  peradilan yang bermutu dan berkualitas.

Materi-materi serta narasumber dalam kegiatan bimtek sipp tahun 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Integrasi SIPP – direktori putusan (dan SIAP), dengan narasumber Helmi Indra Mahyudin, S.Fil. ;
  2. Business process dan troubleshoot SIPP TK I, dengan narasumber Didik Irfan Setiawan, S.Kom. ;
  3. Business process dan troubleshoot SIPP Tk Banding, dengan narasumber Zullvan Sugiantoro, S.T.. ; dan
  4. Penjelasan dan Troubleshooting Sinkronisasi dengan narasumber Adityo Nugroho, S.T.

Penyajian materi secara menarik dan adanya diskusi yang komunikatif antara Pemateri dengan Peserta menjadikan Bintek ini berlangsung dengan sangat baik, yang terbukti dengan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan Bintek ini dan disepakatinya beberapa point rumusan hasil Bintek.
Menjelang Penutupan, disampaikan pemaparan tentang Reformasi Birokrasi oleh Ketua Tim RB Mahkamah Agung yang juga Sekretaris Ditjen Badilmiltun Ibu Jeanny H.V. Hutauruk, S.E., M.M., Ak., agar setiap Satker di lingkungan Peradilan Militer dapat meningkatkan capaian Reformasi Birokrasinya. Selanjutnya Penutupan Bintek dilakukan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Militer. (Amanda)

 

Sumber : http://ditjenmiltun.mahkamahagung.go.id

Berita ini dibuat oleh Bagian Kepegawaian dan Teknologi Informasi pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surabaya.

Profil Pimpinan / Pejabat

WILAYAH HUKUM PT TUN SURABAYA